Minggu, 21 Oktober 2018

Daily Activity 15/10/2018

Daily Activity 15/10/2018


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hari ini saya kembali lagi melakukan praktek di kitchen poltekpar makassar. Pada minggu ini kami akan berfokus untuk membuat aneka kue dan olahan tradisional dan melakukan curving pada buah. Untuk hari ini kami diberitahu oleh Pak Faizal untuk membuat atau belajar mebuat tape dari ketan dan juga singkong. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang sebelumnya yang berjumlah 3 orang per kelompok. 

Hal pertama yang kami lakukan adalah mencari referensi tentang bagaimana metode pembuatan tape tersebut serta recipe yang cocok dalam pembuatannya. Setelah itu kamipun mulai memprepare segala bahan yang dbutuhkan untuk membuat tape tersebut. Namun pada hari ini kami hanya akan membuat tape dari beras keran hitam dikarenakan singgong tidak ada. Untuk tape beras pertama kami mencuci berasnya hingga bersih dan setelah itu kami rendam kurang lebih selama 3 jam, perlu diketahui dalam pembuatan tape perbandingannya adlah 2:1 yaitu ketan putih 2 dan ketan hitam 1 dikarenakan kalau kita menggunakan ketan hitam lebih banyak maka tekstur dari tape akan keras dan tidak enak untuk dimakan. Setelah 3 jam direndam selanjutnya  kami pun mengukus beras hingga menjadi setengah matang lalu setelah itu kami taruh diatas daun pisang dan kami biarkan hingga dingin. Setelah dingin kamipun mulai memberi ragi dan kami aduk hingga merata sambil diberi sedikit air hasil kukusan beras, setela itu kami membentuknya menjadi bola-bola kecil dan kami susun didalam wadah dan setelahnya kami tutup dengan daun pisang dan dengan tutup wadah tersebut, terakhir kami bungkus lagi dengan kain hingga rapat agar proses fermentasinya menjadi lebih baik.






Setelah itu kamipun membersihkan segala peralatan dan tempat kerja kami sebelum kami berisitirahat, setelah itu kamipun dipulangkan kerumah masing-masing. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar