Sabtu, 02 Juni 2018

Ingredients 16/05/18

Ingredients 16/05/18



Assalamu'alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang bahan-bahan dapur. Silakan dilihat dibawah ini.





KACANG TANAH



History:

Kacang tanah merupakan tanaman pangan berupa semak yang berasal dari Amerika Selatan, diperkirakan dari lereng pegunungan andes, di Negara – negara Bolivia, Peru dan Brazilia. Penanaman pertama kali dilakukan oleh orang Indian (suku asli bangsa Amerika). Di Benua Amerika penanaman berkembang yang dilakukan oleh pendatang dari Eropa.. Pada abad ke 16, bangsa Portugis membawa kacang ini dari Brasil ke Afrika Barat. Dan pada waktu yang bersamaan, bangsa Spanyol memperkenalkan kacang tanah dari Meksiko ke barat Pasifik. Kemudian tersebarlah ke daratan Cina, Indonesia dan ke Madagascar. . Kacang Tanah ini pertama kali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-17, dibawa oleh pedagang Cina dan Portugis. Pada pertengahan abad ke 17, bangsa Belanda juga diduga membawa kacang tanah dari Brasil ke Indonesia.

Di lihat dari sifatnya, kacang tanah tumbuh di wilayah tropis, subtropis dan negara beriklim sedang. Kacang tanah merupakan tanaman yang sangat penting di daerah Afrika, Asia, Amerika Utara and Amerika Selatan. Di Asia, kacang tanah merupakan tanaman budidaya utama di negara India, Cina, Indonesia, Burma, Thailand dan Vietnam.

Dari berbagai penelusuran, penanaman pertama kali kacang tanah dilakukan oleh suku-suku Indian. Bagi suku Indian dimasa itu, kacang tanah merupakan salah satu sumber makan utama. Terbukti dengan di temukannya fosil kacang tanah, kapas, dan jeruk peras serta berbagai biji-bijian primitif dan berbagai jenis umbi-umbian dan buah-buahan di lereng barat Pegunungan Andes yang merupakan tempat tinggalnya bangsa Indian. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa jeruk peras berumur sekitar 9.200 tahun, kacang tanah 7.600 tahun, dan kapas 5.500 tahun.

Bagi masyarakat Indonesia, kacang tanah memilik nama atau sebutan yang berbeda-beda seperti kacang una, suuk, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, kacang banggala. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kacang tanah biasa disebut peanut atau groundnut. Dan dalam bahasa Latin, kacang tanah disebut dengan Arachis hypogaea.

Dalam pengertiannya, kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji dari sejumlah tumbuhan keluarga polong-polongan, meski tidak semuanya disebut kacang. Dalam percakapan sehari-hari di masyarakat kita, kata kacang juga dipakai untuk menyebut buah polong atau bahkan tanaman yang menghasilkannya.

Kacang tanah bagi masyarakat Indonesia merupakan sumber protein nabati kedua terbesar setelah kedelei. Namun, produksi kacang tanah di Indonesia belum optimal  karena teknik produksi yang belum memadai dan minimnya penggunaan benih unggul. Dampaknya kebutuhan dalam negeri yang meningkat tidak bisa dipenuhi sehingga volume impor kacang menjadi tinggi.

Nutrient:

Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah ini diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar:

- 828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
- 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
- 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
- 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
- 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
- 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)

Fakta Nutrisi kacang

Kacang tanah nemiliki banyak kandungan gizi, karena mereka adalah sumber yang kaya nutrisi penting,  berikut beberapa manfaat kacang bagi kesehatan. Berikut ini adalah tabel nilai gizi kacang, yang bisa bervariasi tergantung pada cara olah dari kacang tanah itu sendiri (asin, hambar, panggang,  dengan mentega, dll) . Namun demikian, apa yang tidak berubah adalah manfaat kesehatan dari kacang.

Dalam satu ons kacang tanah kupas, setara dengan 28g mengandung nutrisi antara lain:

Kalori   166 kalori

Protein   7,8 g

Kalsium   17,1 mg

Kalium   203 mg

Magnesium   49,3 mg

Fosfor   111 mg

Sodium   89,6 mg

Folat   33,6 mcg

Karbohidrat   4.3 g

Serat diet   2,6 g

Jumlah total lemak  14,7 mg


Function:

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Kacang mengandung baik jumlah asam folat. Mengulangi penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

2. Bantu dalam Peraturan Gula Darah

Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

3. Membantu Mencegah Batu empedu

Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

4. Membantu Fight Depresi

Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

5. Memori meningkatkan Power

Apakah Anda tahu apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka “makanan otak” ? Hal ini disebabkan mereka vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

6. Membantu Tingkat Kolesterol Rendah

Gizi yang sama kacang yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

8. Melindungi Terhadap Umur terkait Penurunan Kognitif

Peserta penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki asupan yang paling kaya niasin makanan seperti kacang adalah 70% lebih cenderung memiliki penyakit Alzheimer dikembangkan. Seperempat cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

9 Kanker Perlindungan

Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

10. Risiko Menurunkan Berat Badan

Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan risiko menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan berat badan daripada mereka yang hampir tidak pernah makan mereka.


Characteristic:    

Akar

Sistem akar merupakan akar tunggang yang telah berkembang menjadi baik dengan banyak akar-akar lateral, tidak memiliki rambut akar, dan memiliki bintil akar untuk mengikat nitrogen.

Batang

Berbentuk cabang percabangan terdiri dari dua jenis yaitu dengan cabang vegetatif dan cabang reproduktif. Cabang vegetatif dicirikan dengan adanya daun sisik yang disebut katofil yang terdapat pada 2 buku pertama pada cabang. Cabang vegetatif sekunder dan tertier dapat berkembang dari cabang vegetatif primer.

Daun

Daun pada batang utama tersusun spirat, pada cabang vegetatif primer tersusun berseling, berdaun 4, dengan 2 pasang daun duduk berhadapan berbentuk membundar telur sungsang berukuran 3 – 7 cm x 2 – 3 cm, panjang tangkai daun 3 – 7 cm, terdapat bagian yang menggembung pada dasar tangkai daun pada dasar setiap daun. Hal ini merupakan ciri adanya pergerakan pada malam hari yaitu tangkai daun akan menggulung ke bawah dan daun akan menggulung ke atas sampai keduanya bersentuhan.

Bunga

Cabang perbungaa berbentuk tunggal pada katafil dan ketiak daun pada cabang vegetatif dan ada beberapa yang tumbuh pada buku teratas pada batang. Pada setiap perbungaan terdapat 2 – 5 bunga, bunga duduk berwarna kuning muda hingga jingga kemerahan.

Buah

Buah polong berbentuk silindris, berisi 1 – 6 biji buah yang siap dipanen memiliki ciri warna coklat kehitam-hitaman.

Biji

Setiap biji diliputi oleh selaput biji tipis berwarna antara putih hingga merah muda, merah, ungu, coklat kemerahan dan sedikit kecoklatan. Setiap biji memiliki dua keeping biji yang lebar, epikotil dengan daun dan tunas primordial, hipokotil dan akar primer. Biji yang akan dijadikan benih yang baik memiliki syarat-syarat sebagai berikut  :

· Berasal dari tanaman yang baru dan varietas unggul
· Daya tumbuh yang tinggi (lebih dari 90 %) dan sehat

· Kulit benih mengkilap, tidak keriput, dan cacat
· Murni atau tidak bercampur dengan varietas lain
· Kadar air benih berkisar 9 – 12 %






GULA PASIR



History:

Pada awalnya gula tebu dikenal oleh orang-orang Polinesia, kemudian menyebar ke India. Pada tahun 510 Sebelum Masehi, ketika menguasai India, Raja Darius dari Persia menemukan ”batang rerumputan yang menghasilkan madu tanpa lebah”. Seperti halnya pada berbagai penemuan manusia lainnya, keberadaan tebu sangat dirahasiakan dan dijaga ketat, sedangkan produk olahannya diekspor dan untuk menghasilkan keuntu-ngan yang sangat besar.

Rahasia tanaman tebu akhirnya terbongkar setelah terjadi ekspansi besar-besaran oleh orang-orang Arab pada abad ketujuh sebelum sesudah masehi. Ketika mereka menguasai Persia pada tahun 642 mereka menemukan tanaman tebu yang sedang tumbuh dan kemudian mempelajari cara pembuatan gula. Selama ekspansi berlanjut mereka mendirikan pengolahan-pe-ngolahan gula di berbagai daratan lain yang mereka kuasai, termasuk di Afrika Utara dan Spanyol.

Gula dikenal oleh orang-orang barat Eropa sebagai hasil dari Perang Salib pada abad ke-11. Para prajurit yang pulang menceritakan keberadaan “rempah baru” yang enak ini. Gula pertama diketahui tercatat di Inggris pada tahun 1099. Abad-abad berikutnya merupakan periode ekspansi besar-besaran perdagangan barat Eropa dengan dunia timur, termasuk di dalamnya adalah impor gula. Sebagai contoh, dalam sebuah catatan pada tahun 1319 harga gula di London sebesar “dua shilling tiap pound”. Nilai ini setara dengan beberapa bulan upah buruh rata-rata, sehingga dapat dikatakan gula sangatlah mewah pada waktu itu.

Orang-orang kaya menyukai pembuatan patung-patung dari gula sebagai penghias meja-meja mereka. Ketika Henry III dari Perancis mengunjungi Venice, sebuah pesta diadakan untuk menghormatinya dengan menampilkan piring-piring, barang-barang perak, dan kain linen yang semuanya terbuat dari gula.

Karena merupakan barang mahal, gula seringkali dianggap sebagai obat. Banyak petunjuk kesehatan dari abad ke-13 hingga 15 yang merekomendasikan pemberian gula kepada orang-orang cacat untuk memberi kekuatan.

Pada abad ke-15, pemurnian gula Eropa umumnya dilakukan di Venice. Venice tidak bisa lagi melakukan monopoli ketika Vasco da Gama berlayar ke India pada tahun 1498 dan mendirikan perdagangan di sana. Meskipun demikian, penemuan orang-orang Amerikalah yang telah mengubah konsumsi gula di dunia.

Dalam salah satu perjalanan pertamanya, Columbus membawa tanaman tebu untuk ditanam di kawasan Karibia. Iklim yang sangat menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman tebu menyebabkan berdirinya sebuah industri dengan cepat. Kebutuhan terhadap gula yang besar bagi Eropa menyebabkan banyak kawasan hutan di kepulauan Karibia menjadi hampir seluruhnya hilang digantikan perkebunan tebu, seperti misalnya di Barbados, Antigua dan separuh dari Tobago. Tanaman tebu dibudidayakan secara massal. Jutaan orang dikirim dari Afrika dan India untuk bekerja di penggilingan tebu. Oleh karenanya, produksi gula sangat erat kaitannya dengan perdagangan budak di dunia barat.

Secara ekonomi gula sangatlah penting sehingga seluruh kekuatan Eropa membangun atau berusaha membangun jajahan di pulau-pulau kecil Karibia dan berbagai pertempuran terjadi untuk menguasai pulau-pulau tersebut. Selanjutnya tanaman tebu dibudidayakan di berbagai perkebunan besar di kawasan-kawasan lain di dunia (India, Indonesia, Filipina dan kawasan Pasifik) untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa dan lokal.

Pada tahun 1750 terdapat 120 pabrik pemurnian gula yang beroperasi di Britania dengan hanya menghasilkan 30.000 ton per tahun. Pada tahap ini gula masih merupakan sesuatu yang mewah dan memberi keuntungan yang sangat besar sehingga gula dijuluki “emas putih”. Keadaan ini juga berlaku di negara-negara Eropa Barat lainnya.

Para pemerintah menyadari keuntungan besar yang didapat dari gula dan oleh karenanya mengenakan pajak yang tinggi. Akibatnya gula tetap merupakan sebuah barang mewah. Keadaan ini terus bertahan sampai dengan akhir abad ke-19 ketika kebanyakan pemerintahan mengurangi atau menghapus pajak dan menjadikan harga gula terjangkau untuk warga biasa.

Nutrient:

Nama Bahan Makanan : Gula Pasir

Nama Lain / Alternatif : -

Banyaknya Gula Pasir yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian Gula Pasir yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Gula Pasir = 364 kkal

Jumlah Kandungan Protein Gula Pasir = 0 gr

Jumlah Kandungan Lemak Gula Pasir = 0 gr

Jumlah Kandungan Karbohidrat Gula Pasir = 94 gr

Jumlah Kandungan Kalsium Gula Pasir = 5 mg

Jumlah Kandungan Fosfor Gula Pasir = 1 mg

Jumlah Kandungan Zat Besi Gula Pasir = 0 mg

Jumlah Kandungan Vitamin A Gula Pasir = 0 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Gula Pasir = 0 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Gula Pasir = 0 mg

Khasiat / Manfaat Gula Pasir : - (Belum Tersedia)

Huruf Awal Nama Bahan Makanan : G

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.


Function:

1. Meningkatkan energi secara instan

Manfaat pertama dari gula adalah meningkatkan energi secara instan. Hal inilah yang membuat orang sering mengkonsumsi teh manis atau kopi manis dipagi hari hari. Dengan minum minuman manis tersebut akan membuat tubuh berenergi dan bersemangat. Gula yang masuk dalam tubuh kita akan dirubah menjadi glukosa, dan glukosa akan dirubah menjadi energi.

2. Meningkatkan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanakan manis atau makanan yang banyak mengandung gula. Gula dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Mengobati luka infeksi

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika gula dulu digunakan sebagai obat luka infeksi. Gula yang digunakan adalah gula pasir. Gula pasir dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sperti luka borok, amputasi, luka baring dan lain sebagainya., Cara pemakainnya adalah dengan meluangkan gula pasir pada luka tersebut. Gula akan membunuh bakteri dan menyerap air yang menjadi sarang pertumbuhan bakteri.

4. Menyembuhkan depresi

Manfaat gula lainnya yaitu dapat menenangkan otak dan membuat pikiran menjadi adem dan tentrem serta rileks. Ketika anda merasa depresi atau memiliki banyak masalah, cobalah untuk mengkonsumsi gula, Gula akan membuat pikiran anda menjadi lebih tenang.

5. Meningkatkan fungsi otak

Gula juga dapat membantu otak anda untuk lebih focus. Ketika otak anda sedang kacau tidak bisa berkonsentrasi, hal itu disebabkan pasokan gula pada otak berkurang. Untuk membuat otak kembali baik, anda disarankan untuk mengkonsumsi gula sperti mengkonsumi teh manis atau minuman manis lainnya.

Manfaat gula untuk kecantikan

1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat pertama yang anda dapatkan dari scrub menggunakan gula pasir adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya campurkan satu sendok makan gula passir dengan setengah sendok madu hingga menjadi seperti pasta. Oleskan pada kulit wajah sambil anda pijat-pijat secara memutar selama 20 menit lalu anda bersihkan menggunakan handul yang telah direndam dengan air hangat.


2. Membersihkan dan mencerahkan kulit

Gula juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit dan pori-pori kulit. Campurkan gula dengan minyak zaitun atau krim lainnya kemudian anda oleskan pada kulit wajah sambil anda pijat-pijat. Diamkan selama 25 menit dan bilas denga air hingga bersih. Cara ini akan membuat kulit anda bersih dan bersinar. Kotoran dalam pori-pori akan terangkat sehingga juga dapat mencagah komedo.

3. Melembabkan kulit

Masker juga juga merupakan masker yang kaya akan nutrisi untuk melembabkan kulit. Caranya yaitu dengan menggunakan gula sebagai masker wajah, anda bisa mencampurkan gula dengan minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa dan lain sebagainya. Kemudian anda aplikasikan pada kulit wajah anda, lakukan secara teratur seminggu sekali, maka kulit anda akan lembab dan cantik.

4. Anti aging

Gula merupakan media paling ampuh untuk menghilangkan kerutan atau garis halus juga tanda penuaan lainnya akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Selian itu juga juga dapat mencerahkan kulit serta membuat pipi merah merona secara alami.

5. Mengatasi selulit

Kombinasikan butiran gula pasir dan bubuk kopi untuk menghilangkan selulit. Kedua bahan tersebut sangat ampuh untuk mengembalikan atau memperbaiki tekstur kulit. Campuran kedua bahan tersebut sangat ampuh untuk menyamarkan selulit. Campurkan gula pasir dan bubuk kopi dan beri sedikit minyak zaitun, gunakan sebagai scrub pada kulit yang mengalami selulit, maka selulitpun akan hilang.

6. Mengatasi bibir kering dan bibir pecah-pecah

Bibir kering dan juga bibir pecah-pecah tentu sangat mengganggu sekali, ya selain membuat tidak nyaman, bibir kering dan bibir pecah-pecah membuat kita menjadi tidak percaya diri. Namun anda tak perlu khawatir, kedua masalah tersebut dapat diatasi dengan scrub menggunakan gula pasir. Caranya yaitu campurkan satu sendok makan gula pasir dengan setengah sendok madu dan sedikit minyak zaitun sehingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada bibir dan diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Lakuka cara ini setiap hari sebelum anda tidur.

7. Menghilangkan bulu

Bagi pria memiliki bulu yang banyak dan tebal mungkin akan terlihat maco, namun jika hal itu dialami oleh wanita tentu akan terlihat lucu dan menjijikan. Nah anda bisa menghilangkan bulu dengan menggunakan scrub gula. Caranya panaskan 3 sendok makan gula pasir, perasan air jeruk lemon, dan 1/4 gelas air, aduk hingga berbentuk karamel kemudian anda oleskan pada kulit anda dalam keadaan masih hangat.  Setelah itu tempelkan kain kasa, tarik kain tersebut dengan cepat ke arah yang berlawanan.

8. Menghaluskan tumit yang pecah-pecah

Manfaat berikutnya dari gula pasir adalah untuk mengatasi tumit ynag pecah-pecah. Campurkan gula pasir dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta, kemudian anda gosokan pada tumit yang pecah-pecah diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan air hangat.


Characteristic:

Gula pasir dalam kondisi baik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

· Pilih gula pasir yang berwarna kuning/tidak putih. Pada umumnya gula yang mempunyai ciri-ciri ini tidak terkandung bahan pewarna dan rasanya lebih manis alami

· Tekstur kasar

Gula pasir yang halus dan berwarna putih bersih pada umumnya adalah gula rafinasi yang diperuntukan untuk membuat produk-produk olahan, tidak dianjurkan untuk konsumsi harian.

· Tidak berair/basah

Jika membeli gula pasir curah, jangan salah membeli yang berair/basah karena telah tidak bagus dan mengalami penurunan kualitas.

· Mudah larut

Jika ternyata gula pasir yang telah Anda beli susah untuk larut dalam air, itu menandakan bahwa kualitas gula sudah tidak baik. Sebaliknya, gula yang cepat larut adalah gula yang baik untuk dikonsumsi.

· Tidak menggumpal

Jika Anda menemukan gula Anda sudah basar atau ada bagian yang mencair, sebaiknya segera dihabiskan atau dibuang saja. Karena gula yang baik adalah yang mengkristal. Jika ada bagian yang mencair, maka sebentar lain juga akan ikut mencair.




BIJI WIJEN




History:

Biji wijen memang terlihat kecil. Namun, kegunaan dan manfaatnya sangat banyak. Sejak dahulu, Biji wijen yang diambil dari tanaman bernama ilmiah Sesamum indicum sudah tumbuh sejak zaman prasejarah. Karena itu, wijen dikenal sebagai salah satu bumbu tertua di dunia.

Dalam bahasa Inggris, wijen disebut dengan sesame. Kata sesame ini berasal dari bahasa Arab, yaitu simsim; bahasa Koptik, semsem; dan bahasa Mesir Kuno, semsent. Kata terakhir, semsent, terdapat dalam Ebers Papyrus yang merupakan daftar obat herbal kuno dan rempah-rempah yang ditemukan oleh seorang ahli sejarah Mesir asal Jerman, Ebers.

Dari penelitian arkeologi, biji wijen ternyata sudah ada sejak 3500—3050 Sebelum Masehi (SM). Ada beberapa pendapat, biji wijen ini sudah dibudidayakan di Mesir pada zaman Ptoleamic (305—30 SM). Kemudian, Perdagangan biji wijen sudah terjadi pada tahun 2000 SM di wilayah Mesopotamia dan India. Bangsa Babilonia dan Asyiria pernah mencatat tentang keberadaan wijen pada 4000 tahun yang lalu. Ada pula legenda umat Hindu yang menceritakan kalau biji wijen ini berasal dari India. Dalam kisah legenda ini, biji wijen disimbolkan sebagai sebuah keabadian.

Digunakan Sejak Ribuan Tahun

Wijen bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal, seperti untuk memasak, minyak untuk memijat, perawatan kecantikan, bahan dasar untuk makanan dan obat-obatan, dan sebagainya. Bangsa Asyiria memanfaatkan minyak wijen untuk pengobatan dan kuliner. Pada zaman Mesir Kuno, biji wijen digunakan sebagai pelengkap makanan dan dunia kesehatan sekitar 1500 SM. Saat itu, minyak wijen bermanfaat untuk mengobati gangguan pada peredaran darah, radang sendi, dan sakit saraf.

Di Tiongkok, biji wijen sudah dimanfaatkan sejak 5000 tahun yang lalu. Bangsa Tionghoa menggunakan minyak wijen yang dibakar untuk membuat tinta. Minyak wijen juga digunakan untuk menyalakan lampu. Sebagai pengobatan tradisional selama berabad-abad, bangsa Tionghoa menggunakan minyak wijen untuk menyembuhkan gigi, radang sendi, dan memperbaiki kulit yang rusak.

Sementara bagi bangsa Romawi Kuno, terutama para tentaranya, mengonsumsi biji wijen dengan madu untuk memberikan kekuatan dan energi. Lalu di Babilonia, para wanitanya mencampur madu dengan biji wijen untuk kecantikan. Dalam pengobatan herbal modern di Barat, wijen berguna untuk mengatasi diare, disentri, kolera, dan sebagai obat pencahar.

Dalam dunia kuliner, biji wijen juga banyak dimanfaatkan oleh banyak negara. Biji wijen sebagai salah satu bahan kunci dalam dunia kuliner di Asia, Timur Tengah, dan Mediterania. Wijen dikenal sebagai rempah tertua yang diketahui oleh manusia. Wijen juga diduga sebagai tanaman pertama yang bisa menghasilkan minyak nabati. Dahulu biji wijen ditambahkan sebagai pelengkap makanan ke dalam adonan roti pada zaman Mesir Kuno.

Kenal Asal Wijen

Dari catatan sejarah di atas, biji wijen sudah ada sejak lama. Biji wijen diambil dari sebuah tanaman berdaun lebar yang memiliki tinggi sekitar 50—100 sentimeter (cm). Tanaman yang menghasilkan biji wijen ini tumbuh di 8 daerah tropis. Karena itu, tumbuhan ini bisa bertahan di tempat yang sangat kering. Kebanyakan jenis tanaman yang termasuk dalam genus Sesamum ini diketahui berasal dari wilayah subsahara Afrika.

Tanaman Sesamum indicum ini berasal dari India. Kata indicum juga menunjukkan bahwa wijen dari India. Dari India inilah, biji wijen pun tersebar ke Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Biji wijen kemudian dibawa ke Amerika Serikat dari Afrika pada akhir Abad 17. Saat ini, negara yang paling banyak memproduksi biji wijen adalah India, Tiongkok, dan Meksiko.

Tanaman ini akan berbuah yang bentuknya seperti polong. Besar polong ini juga bervariasi pada setiap tanaman. Dalam satu polong, tedapat 8 baris biji. Kemudian, buah tersebut akan membuka diri untuk melepaskan biji-biji. Biji-biji yang berbentuk lonjong kecil ini memiliki warna yang berbeda-beda, seperti putih, kuning, cokelat, merah muda, atau hitam.

Biji wijen bisa diekstraksi menjadi minyak nabati. Kandungan nutrisi di dalam minyak wijen ini sangat tinggi antioksidannya. Selain itu, minyak wijen juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat, seperti mineral dan vitamin untuk kesehatan. Kandungan gizi ini sangat berperan penting untuk tulang, produksi sel-sel darah merah, produksi hormon, juga untuk peredaran darah ke jantung dan aktivitas rangka otot.

Nutrient:

Nama Bahan Makanan : Wijen

Nama Lain / Alternatif : Biji Wijen

Banyaknya Wijen yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian Wijen yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Wijen = 568 kkal

Jumlah Kandungan Protein Wijen = 19,3 gr

Jumlah Kandungan Lemak Wijen = 51,1 gr

Jumlah Kandungan Karbohidrat Wijen = 18,1 gr

Jumlah Kandungan Kalsium Wijen = 1125 mg

Jumlah Kandungan Fosfor Wijen = 614 mg

Jumlah Kandungan Zat Besi Wijen = 10 mg

Jumlah Kandungan Vitamin A Wijen = 0 IU

Jumlah Kandungan Vitamin B1 Wijen = 0,93 mg

Jumlah Kandungan Vitamin C Wijen = 0 mg

Khasiat / Manfaat Wijen : - (Belum Tersedia)

Huruf Awal Nama Bahan Makanan : W


Function:

1. Sebagai bahan campuran makanan

Wijen dapat anda manfaatkan sebagai salah satu bahan campuran dari makanan tertentu. anda dapat menambahkan wijen pada makanan anda, untuk mengoptimalkan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh anda.

2. Sebagai toping dari makanan

Manfaat wijen juga sering digunakan sebagai salah satu bahan topping pada makanan dan juga dessert. Sudah tak terhitung jumlahnya makanan apa saja yang menggunakan topping wijen, salah satunya adalah jenis makanan onde-onde yang merupakan makanan khas dari Indonesia.

3. Minyaknya dapat digunakan untuk menumis

Wijen tidak hanya dapat dimanfaatkan bijinya saja, namun juga dapat membuat ekstrak biji wijen, yang nantinya menghasilkan minyak wijen. Minyak wijen ini dpat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah keperluan rumah tangga, seperti memasak.

4. Sebagai camilan

Anda yang senang dengan camilan, dapat juga memanfaatkan biji wijen ini sebagai salah satu camilan sehat anda sambil bersantai ataupun menonton tv.

5. Kaya akan protein

Bagi kesehatan sendiri, manfaat wijen memiliki banyak kegunaan. Manfaat pertama dari wijen untuk kesehatan adalah mampu untuk menambah asupan protein tubuh. Wijen memilki kandungan protein yang tinggi, dan dapat membantu anda untuk memperoleh energy, dan baik bagi anda yang sedang berada pada program pembentukan otot.

6. Dapat mencegah diabetes

Wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah diabetes. Bagi anda yang sudah mengalami diabetes, biji wijen dapat mengurangi gejala dari diabetes yang di derita. Hal ini karena manfaat wijen mengandung magnesium yang baik untuk diabetes.

7. Mampu menjaga dan mencegah hipertensi

Wijen memiliki berbagai macam nutrisi yang memberikan efek dan manfaat yang sangat baik untuk mencegah hipertensi dan juga mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

8. Dapat menurunkan kolesterol

Wijen memiliki kandungan fitosterol. Fitosterol yang tinggi yang ada pada biji wijen ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh anda.

9. Mencegah gangguan pencernaan

Meskipun kecil, ternyata MANFAAT wijen juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk mencegah munculnya gangguan-gangguan pencernaan, seperti wasir dan juga sembelit.

10. Memperlancar proses pencernaan

Serat yang tinggi yang dimiliki oleh wijen juga sangat baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan, yang terjadi di dalam tubuh kita.

11. Menjaga kesehatan kulit

Wijen memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi in idapat membantu untuk memproduksi kolagen, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat wijen dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, halus dan cerah bersinar.

12. Mencegah kanker

Wijen memiliki banyak sekali kandungan mineral yang sangat penting untuk membantu pencegahan sel kanker. Hal ini juga akan menghambat pertumbuhan kanker pada tubuh.

13. Menjadi anti bakteri dan juga anti kuman

Manfaat wijen dapat digunakan untuk mencegah masuknya bakteri dan juga kuman agar tidak dapat menginfeksi tubuh. Kuman dan juga bakteri ini dapat dibunuh dan juga ditekan persebarannya sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

14. Memberikan efek relaksasi dan mencegah kecemasan

Ternyata, biji wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh. Efek relaksasi ini dapat membantu tubuh untuk mengembalikan tingkat mood, menurunkan depresi dan juga stress serta dapat mencegah munculnya kecemasan.

15. Meredakan sakit dan juga peradangan pada sendi

Anda sering mengalami sakit pada bagian sendi karena peradangan? Kalau begitu cobalah untuk mengkonsumsi wijen. Kandungan yang ada pada manfaat wijen dapat membantu untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada bagian persendian.

16. Baik untuk kesehatan hati

Wijen juga dapat membantu membunuh racun-racun dan kuman, serta dapat membantu fungsi dari organ hati. Dengan begitu, kerja dari organ hati akan menjadi lebih ringan, dan tidak menjadi berat dalam melakukan proses detoksifikasi.

17. Dapat mecegah osteoporosis

Wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, wijen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, dan dapat memperbaiki kerusakan tulang.

18. Menjaga kesehatan mata

Bagi yang takut mengalami gangguan pada penglihatan dan juga organ mata. Selain rajin mengkonsumsi makanan dengan vitamin A, anda juga dapat mengkonsumsi wijen, karena wijen juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai gangguan mata.

19. Mengurangi plak dan kuman pada mulut dan gigi

Minyak wijen juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berkumurlah dengan menggunakn biji wijen, maka kuman dan juga plak yang menempel pada gigi anda akan hilang dan kesehatan mulut anda akan terjaga.

20. Mencegah gangguan pernapasan

Bagi anda yang sering mengalmi gejala sesak napas ataupun gejala asma, manfaat wijen merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah hal tersebut. Wijen sangat baik untuk mencegah gangguan pernapasan dan juga mencegah gejala asma, seperti sesak nafas.

21. Baik untuk kesehatan rambut anda

Minyak wijen dapat menjaga kesehatan rambut anda. minyak wijen dapat membantu menyuburkan rambut, dan juga menghilangkan ketombe dan juga kutu rambut. Selain itu minyak wijen juga dapat membuat ramnbut anda selalu terlihat indah dan berkilau.

22. Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung dalam wijen memiliki manfaat yang sangat baik utnuk mencegah anemia. Gejala – gejala umum dari anemia adalah mudah merasa lelah, dan juga dapat terserang berbagai macam penyakit, karena tubuh yang lemah.

23. Dapat mencegah kerusakan pada sel DNA

Wijen memiliki kandungan sesamol. Sesamol ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga dan juga melindungi sel DNA yang dapat rusak karena adanya radiasi.

24. Mengobati jerawat

Minyak wijen memiliki manfaat yang baik untuk luka dan juga jerawat. Sama seperti minyak zaitun, minyak eijen baik untuk penyembuhan luka dan juga pengobatan jerawat.

25. Mengobati eksim dan berbagai gangguan kulit

Oleskan saja minyak wijen pada bagian kulit yang mengalami gangguan seperti eksim dan juga panu, maka minyak wijen akan bekerja dengan optimal dalam mengobati berbagai macam gangguan kesehatan kulit anda.


Characteristic:

Akar dari tanaman wijen ini adalah akar tunggang yang memiliki banyak cabang dan sering bersimbiosis dengan mikoriza Vesikular-Arbuskular. Tanaman ini mendapat keuntungan dari simbiosis tersebut dalam memperoleh air dan zat hara yang ada di tanah. Tinggi tanaman ini cukup bervariasi, yakni dari 60 – 120 cm, bahkan ada juga yang dapat mencapai 2 - 3 meter.

Batangnya berkayu (lignosus) pada tanaman yang telah dewasa, bentuknya segi empat (quadrangularis), beralur, berambut, dan memiliki tipe percabangan monopodial, dan berwarna hijau. Daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk lidah memanjang, pilosus atau berambut, dengan ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi (serratus), panjangnya 5 - 20 cm dan lebar 1,5 - 4 cm, pertulangan daun menyirip, dan berwarna hijau.

Bunganya tumbuh dari ketiak daun, biasanya berjumlah tiga namun hanya satu saja yang biasanya berkembang dengan baik.

Bijinya memiliki bentuk seperti buah alpukat, kecil, warnanya putih, kuning, merah muda, coklat, atau hitam. Biji wijen ini merupakan bahan pangan yang memiliki kalori cukup tinggi, yakni sebesar 555 kal/ 100 gram biji. Kandungan gizi dari biji wijen cukup tinggi dan komposisinya lengkap, oleh karena itu wijen merupakan salah satu sumber asam lemak yang baik. Biji wijen ini mengandung 50-53% minyak nabati. Vitamin E juga banyak dalam Minyak biji wijen ini. Ampas dari biji wijen yang sudah diekstrak minyaknya dapat menjadi sumber protein pada pakan ternak. Sejak zaman dulu, terutama pada zaman Yunani kuno, telah dikenal bahwa biji wijen memiliki potensi untuk dapat meningkatkan vitalitas, sehingga ia dijuluki si kecil yang mempunyai kekuatan ajaib.


Sekian dari saya, sampai jumapa diblog saya yang selanjutnya, terima kasih.



Sumber Referensi:


  • Arin Agus, 2011. “Kacang Tanah”. https://agusarin.wordpress.com/2011/01/24/kacang-tanah//(Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2016. “ Kandungan gizi Kacang Tanah”. http://infoherbalis.com/2016/01/kandungan-gizi-manfaat-dan-efek-samping-kacang-tanah-arachis-hypogaea.html (Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2001. “ Kandungan gizi Gula Pasir”. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-gula-pasir-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.Wu1INRNEm00(Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2001. “ Kandungan gizi Biji Wijen”. http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-wijen-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.Wu1J-BNEm00
  • Anonim, 2011. “ GULA : Sejarah dan Jenisnya”. https://msaifudin.wordpress.com/2011/12/21/gula-sejarah-jenisnya/ (Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2016. “ Ciri-ciri Gula pasir yang baik”. http://www.inspirasibaking.com/begini-cara-memilih-gula-pasir-yang-benar-untuk-dikonsumsi/ (Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2010. “Asal-Usul Tanaman Kacang”. https://amorphophallus.wordpress.com/2010/02/06/asal-usul-tanaman-luas-areal-produksi-th-2009-tanaman-kacang-tanah/ (Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2015. “Mengenal Wihen sebagai Bumbu Tertua Didunia”. http://www.sehatraga.com/(Online, 3 Mei  2018)
  • Anonim, 2015. “Khasiat Biji Wijen bagi Kesehatan”. http://togabermanfaat.blogspot.co.id/2015/11/khasiat-wijen-sesamum-indicum-l.html(Online, 3 Mei  2018)
  • Fauziah Leni, 2011. “sejuta manfaat gula pasir bagi kesehatan dan kecantikan”. http://www.perawatankulitwajah212.com/2016/03/sejuta-manfaat-gula-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html (Online, 3 Mei  2018)
  • Wijaya Adi, 2012. “Kandungan dan Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan”. http://permathic.blogspot.co.id/2012/11/kandungan-dan-manfaat-kacang-tanah-bagi.html (Online, 3 Mei  2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar